“Aero Snap” di Compiz

UPDATE: Compiz yang terbaru sudah memiliki fitur ini secara default

Sebagai pecinta OS Linux, tentu tidak serta merta kita membenci produk Microsoft. Windows 7 misalnya, saya secara pribadi menyukai fitur Aero Snap pada Windows 7 (fitur yang sama pada desktop KDE, entah yang mana yang duluan). Aero Snap adalah fitur desktop yang membuat kita bisa me-maximize window bila kita drag ke atas layar, membaginya jadi setengah layar bila kita drag ke kiri atau ke kanan. Ingat? Saya suka fitur tersebut.

Sayang sekali, desktop saya menggunakan GNOME, dan tidak seperti KDE yang mendukung fitur tersebut. Akhirnya saya menemukan sebuah artikel di omgubuntu.co.uk yang menjelaskan bahwa GNOME (2.x) bisa melakukan Aero Snap dengan bantuan Compiz Fusion dan wmctrl. Berikut akan saya jelaskan caranya, OS yang saya gunakan berbasis Debian, sehingga ini berlaku juga untuk Ubuntu, Linux Mint, dan OS berbasis Debian atau Ubuntu lainnya yang menggunakan GNOME versi 2.x.

Aero Snap di Linux Mint Debian

Drag satu window ke kiri, Snap! Window lainnya ke kanan, Snap! Terkadang bisa sangat membantu pekerjaan.

1. Pastikan Anda sudah memiliki Compiz Fusion. (tidak akan saya jelaskan bagaimana mendapatkan dan menjalankannya, silahkan cari di tempat lain :p)

2. Install Compiz Config Settings Manager dan wmctrl.

sudo apt-get install ccsm wmctrl

3. Buka system > preferences > Compiz Config Settings Manager

4. Aktifkan Commands, kemudian klik Commands

5.  Isi command line 1 dengan:

WIDTH=`xdpyinfo | grep 'dimensions:' | cut -f 2 -d ':' | cut -f 1 -d 'x' `&& HALF=$(($WIDTH/2)) && wmctrl -r :ACTIVE: -b add,maximized_vert && wmctrl -r :ACTIVE: -e 0,0,0,$HALF,-1

Isi command line 2 dengan:

WIDTH=`xdpyinfo | grep 'dimensions:' | cut -f 2 -d ':' | cut -f 1 -d 'x' `&& HALF=$(($WIDTH/2)) && wmctrl -r :ACTIVE: -b add,maximized_vert && wmctrl -r :ACTIVE: -e 0,$HALF,0,$HALF,-1

Isi command line 3 dengan:

wmctrl -r :ACTIVE: -b add,maximized_vert,maximized_horz

6. Masih di menu Commands, pilih tab Edge Bindings di atas.

7. Edit run command 1 dengan Left, run command 2 dengan Right, run command 3 dengan Top.

8. Kembali ke menu utama Compiz Config Settings Manager, pilih General Options.

9. Set Edge Trigger Delay dengan 360.

10. Log out, Log in.

Setelah melakukan semua tahap di atas, silahkan coba drag window apapun ke atas layar, kiri atau kanan :)

Mengingat hal ini dapat dilakukan dengan Compiz Fusion dan wmctrl, bukan GNOME/Metacity itu sendiri, saya rasa mungkin bisa diterapkan juga desktop XFCE. Tapi saya sendiri belum coba, CMIIW.

2 thoughts on ““Aero Snap” di Compiz

Leave a comment