Tentang Elementary OS

Berangkat dari icon-pack yang dibuat untuk desktop GNOME, nama Elementary melambung tinggi, dan mulai merambah area desain lain di luar icon-pack, seperti theme untuk gtk yang sangat populer, yang bahkan dibuatkan banyak versinya oleh desainer lain, hingga versi KDE,dan nautilus-elementary (modifikasi file manager default GNOME dengan tampilan lebih minimalis) yang menjadi file manager default beberapa distro berbasis Ubuntu.

Siapa sangka, tim ini semakin eksis di dunia software setelah membuat beberapa aplikasi menarik untuk GNOME yang tetap memegang filosofi kesederhanaan dan minimalis, seperti postler, dexter, lingo, dan lain-lain. Akhirnya, pada awal 2011 kemarin tim Elementary meluncurkan distro linux varian Ubuntu dengan nama Elementary OS 0.1: Jupiter.

Berikut ini screenshot Elementary OS.

Elementary OS

Elementary OS dengan Nautilus-elementary, dan Gloobus, image viewer yang cantik

Saya sendiri belum mencoba OS ini karena ada belum ada kesempatan, namun setelah membaca beberapa review dari orang lain diluar sana, terdapat kelebihan dan kekurangan seperti berikut.

Kekurangan:

Releasenya lumayan lama, Jupiter ini dibuat di atas Ubuntu 10.10 yang release Oktober 2010, namun baru keluar Maret 2011, dan untuk versi berikutnya yaitu Elementary OS 0.2: Luna yang dibuat di atas Ubuntu 11.04 (release April 2011), baru akan keluar November 2011.

Midori sebagai browser default. Tentunya browser muda ini masih sangat kurang fitur dan kalah oleh Firefox maupun Chrome, bahkan dengan ke-minimalisannya, Midori masih lebih berat daripada Firefox yang terbaru. Tapi ini bukan masalah besar, kita bisa dengan mudah menginstall browser lain seperti biasanya.

-GNOME Office sebagai Office suite default. Mungkin karena ringan, Abiword dan Gnumeric jadi pilihan. Memang tidak buruk, tapi bagi kita yang sering berhubungan dengan Microsoft Office, Libre Office jauh, jauh lebih baik.

-Kurang customizable. Contohnya kita tidak bisa menambahkan/menghilangkan item di panel dengan mudah. Bisa, tapi tidak semudah biasanya. Dari hal-hal lain pun (yang tidak bisa saya tuliskan karena memang belum dicoba) menurut para reviewer lebih sulit untuk dikustomisasi. Jadi agak terkunci layaknya Mac OS X, jika dibandingkan dengan distro Linux lain.

Kelebihan:

-Proyek Elementary OS dipimpin oleh seorang desainer. Menurut pendapat saya, kita tak akan kecewa dengan user interface maupun user experience-nya. Bagi yang kecewa dengan GNOME 3 atau Unity, mungkin ini patut dicoba. Bagi yang kagum dengan Mac OS X, ini salah satu distro yang paling mirip tampilannya.

Kurang customizable. Yap, tadi saya bilang ini kekurangan. Tapi dari segi produktivitas, ini juga keuntungan. Kita tidak akan gatal gonta-ganti tampilan desktop, dan bisa fokus untuk langsung kerja. Dan tenang saja, tampilan defaultnya sudah sangat cantik. Bagi yang sudah mencoba GNOME 3 dan Unity pun lebih sulit dicustom jika dibandingkan dengan GNOME 2.x, dengan tujuan yang sama.

-Tidak haus RAM, menurut review yang saya baca, ini salah satu distro dengan desktop GNOME yang paling ringan.

Turunan Ubuntu. Kita sudah tahu banyak tentang kelebihan yang dimiliki Ubuntu, Elementary OS Jupiter ini kompatible dengan Ubuntu 10.10.

Saya akan mencoba distro ini bila ada kesempatan, karena saya sejujurnya sangat tertarik dengan Elementary OS Luna karena hadirnya Pantheon Desktop Environtment pada release Luna November nanti (Desktop Environtment baru, ini tulisan tim elementary tentang Pantheon, artikel yang satu ini pandangan user tentang komponen-komponen Pantheon, dan ini review Marlin file manager yang akan hadir di Pantheon). Namun karena masih lama dan tidak ingin versi yang belum final, jadi akan saya jajal Jupiter dulu saja :D. Ayo download di sini.

EDIT: Elementary Luna akan hadir tahun 2012 karena berganti dari rencana semula (based on Ubuntu 11.10) menjadi based on Ubuntu 12.04.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s