Menginstall Linux 3.0 di Ubuntu 11.04

Beberapa waktu lalu, major release dari Linux Kernel yaitu Linux 3.0 akhirnya meluncur. Kebetulan saya mendapat berita ini dari Google+, kemudian beberapa jam kemudian Torvalds mengumumkannya di lkml.org.

Status Linus Torvalds di Google+: "3.0 pushed out"

Status Linus Torvalds di Google+

Di Ubuntu, kernel ini akan mulai digunakan di versi Ubuntu yang berikutnya yaitu 11.10, namun ternyata bisa juga di-installkan di Ubuntu 11.04.  Kernel ini dilaporkan memiliki support yang lebih baik untuk prosesor baru seri Intel Sandy Bridge dan AMD Fusion. Selain itu Linux 3.0 juga mendukung filesystem Btrfs.

Fitur-fitur lainnya saya kurang mengerti :D tapi alasan utama saya menginstall Linux 3.0 sekarang adalah karena tidak terdeteksi-nya beberapa tombol fn laptop saya di Linux 2.6.38 dan ingin lebih mengoptimalkan prosesor i3-2310M saya (walaupun sekarang saya belum bisa merasakan perbedaannya, bagi yang sudah silahkan share di bagian comment :) ).

Berikut ini langkah-langkah install yang saya lakukan:

1. Download kernelnya yang tersedia di http://kernel.ubuntu.com/~kernel-ppa/mainline/v3.0-oneiric/ . Download-lah 3 file yang Anda perlukan, yaitu

  • linux-headers-*_all.deb yang selanjutnya akan saya sebut namafile1
  • linux-headers-*_amd64.deb atau linux-headers-*_i386.deb (sesuaikan dengan arsitektur Ubuntu Anda) yang selanjutnya akan saya sebut namafile2
  • linux-image-*_amd64.deb atau linux-image-*_i386.deb (sesuaikan dengan arsitektur Ubuntu Anda) yang selanjutnya akan saya sebut namafile3

2. Masukan semua file tersebut ke dalam satu folder

3. Install dengan melakukan langkah berikut.

  • buka terminal, kemudian masuk ke folder dimana file-file tersebut berada. Misalnya bila terletak di ~/Desktop maka ketik: cd ~/Desktop
  • install dengan mengetikan kode berikut: sudo dpkg -i namafile1 namafile2 namafile3
    (urutannya penting)
  • restart komputer Anda

4. Selesai :)  . Sebagai catatan penting, jangan remove/uninstall kernel Anda yang sebelumnya, karena bisa saja installasi gagal atau bermasalah. Anda bisa memilih untuk menggunakan kernel yang lama ketika proses boot.

Semoga dapat bermanfaat. Bila ada yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan comment dan jangan lupa share via Facebook, Twitter, atau Google+  :) .

Leave a Reply

