So | Lo | Mo

WARNING: Dilarang keras meng-“copy-paste” khusus artikel saya yang ini karena merupakan tugas kuliah. Untuk tulisan saya yang lain di blog ini, silahkan :)

 

So | Lo | Mo

Pembicara: Mochamad James Falahuddin

Social, Location, dan Mobile. Ketiga hal ini sekarang menguasai dunia maya dan diramalkan akan menjadi masa depan dari dunia IT. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pengguna dari ketiga teknologi ini, social network, geo-location based service, dan mobile device semakin banyak dari waktu ke waktu. IT sebagai pendukung kegiatan manusia akan juga mengadaptasi arah perkembangan dan inovasinya pada hal-hal yang digandrungi tersebut.

Tidak heran ketiga hal ini banyak digunakan. Misalnya aspek social, manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya butuh untuk dapat terkoneksi dengan orang lain, untuk kemudian saling berbagi. Manusia juga secara alami memiliki keinginan untuk bermanfaat bagi orang lain, misalnya melalui rekomendasi. Selain itu manusia memiliki kecenderungan untuk ingin “eksis” dimata orang lain. Hal-hal ini telah difasilitasi oleh teknologi-teknologi jejaring sosial. Manusia sebagai “social animal” menyukai jejaring sosial yang pada dasarnya hanyalah kemasan modern dari kegiatan sosial sehari-hari yang dibutuhkannya.

Poin kedua dari SoLoMo ini adalah location. Penemuan teknologi GPS yang awalnya berfokus pada kepentingan militer tak diduga menjadi nilai plus yang sangat signifikan dalam layanan berbasis teknologi. Dengan mengetahui posisi konsumen, banyak informasi yang bisa ditawarkan padanya, dan banyak pula informasi yang dapat ditarik darinya. Hal ini menjadi saling menguntungkan bagi kedua pihak, karena service yang ditawarkan dari suatu produk tersebut dapat meningkat dan memberi keuntungan pada konsumen. Di lain sisi, dari lokasi tiap pengguna, pemilik layanan dapat memperkaya data yang dimiliki secara kesuluruhan dan akhirnya membuat decission making system-nya menjadi lebih baik sehingga mampu untuk meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain. Hal ini yang membuat orang mampu mengesampikan isu privasi dari teknologi geo-location ini.

Mobile mungkin merupakan sisi terpenting dari SoLoMo ini. Hal ini dikarenakan penggunaan mobile device akan mempermudah kegiatan sosial dengan jejaring sosial tersebut. Smartphone yang saat ini semakin banyak peminatnya pun membuat teknologi geo-location semakin mudah untuk diterapkan. Selain itu, dekade ini disebut sebagai tahap penting dari evolusi zaman PC ke zaman post-PC, dengan kata lain, orang-orang berangsur-angsur berpindah dari komputer statis mereka yang tidak praktis ke jenis komputer-komputer lain yang kecil dan dapat dibawa setiap saat. Fakta ini membuat teknologi mobile, seperti smartphone dan PC tablet dipastikan akan terus berkembang dalam waktu yang lama dan akhirnya SoLoMo menjadi hal yang harus diperhatikan oleh semua penggiat teknologi masa kini.

Ini adalah alasan utama mengapa kita sebagai (calon-calon) tenaga IT di negeri Indonesia harus terus peka terhadap perkembangan teknologi mobile, dan mulai untuk mempelajari teori dan implementasi teknologi mobile untuk memenuhi kebutuhan kerja di zaman SoLoMo ini. Karena pada kenyataannya pun banyak perusahaan-perusahaan yang sudah menambah kriteria baru dalam menjaring tenaga IT yaitu menguasai pengembangan aplikasi mobile.

Terdapat 5 jalur dominan yang dapat menjadi pilihan pengembang aplikasi mobile untuk dikuasai. Lima teknologi tersebut adalah Android, iOS, Windows Phone, BlackBerry, dan mobile web. Android sebagai open standard untuk teknologi mobile dipercaya akan terus menguasai pasar. Menyusul iOS dan Windows Phone dari 2 perusahaan IT terkemuka dunia yang selalu memiliki penggemar akan kualitas dan ciri khas dari masing-masing teknologi yang mereka tawarkan. Selanjutnya meski jumlah pengguna BlackBerry terus menyusut, teknologi ini masih sangat digemari di Indonesia terutama karena platform perpesanannya, dapat dikatakan BlackBerry tidak mungkin padam dalam waktu yang terlalu dekat. Dan akhirnya seiring kemajuan Internet, mobile web selalu menjadi solusi cross-platform yang dibutuhkan setiap pengguna mobile device.

Benar apabila disimpulkan bahwa teknologi SoLoMo tidak lain hanyalah suatu trend. Tapi sangat bijak bila mempertimbangkan bahwa trend ini akan berkembang dan berlangsung cukup lama dalam masa hidup kita. Tidak ada waktu yang lebih tepat untuk menarik nilai-nilai positif dan manfaat dari teknologi SoLoMo yang sudah didepan mata. Inilah saatnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s