Leaving Reps

Mozcamp Asia 2012

Mozcamp Asia 2012

booth

Sejak sekitar setengah tahun yang laiu, saya vakum dari aktivitas saya sebagai Mozilla Reps karena kesulitan saya dalam membagi waktu dan energi dengan pilihan karir yang saya mulai. Menggeluti startup sembari mengerjakan proyek IT secara freelance ternyata lebih keras dari bayangan saya. Apalagi saya masih meraba-raba apa sebetulnya yang saya lakukan.

Saat itu saya menyusun langkah-langkah dan rencana kasar secara pribadi agar bisa meninggalkan salah satu dari kedua pekerjaan tersebut, dan hanya menjalankan satu yang lebih baik untuk kedepannya. Saya telah menargetkan untuk bisa memilih dan mengambil langkah itu selambat-lambatnya Mei 2015. Oleh karena itu saat mulai vakum saya sempat menyebutkan akan kembali ke Mozilla Reps bulan April atau Mei, karena saya menargetkan kesibukan saya akan berkurang.

Mei adalah bulan ini. Tapi sayangnya saya tidak siap untuk kembali. Apa yang terjadi belakangan ini berbeda dengan dugaan saya. Startup dimana saya tergabung telah menerima pendanaan dan kami optimis dengan kemungkinan-kemungkinan baik kedepannya. Di lain tempat kini saya mengerjakan proyek-proyek bersama tim/perusahaan kecil yang semakin hari semakin berkembang. Saya sangat bersyukur dengan ini. Merupakan keputusan karir yang penting bagi saya untuk tidak mensia-siakan kedua jalan yang terbuka ini selama saya masih sanggup.

Di sisi lain, dengan tidak berkurangnya beban kerja saya, masih tidak mungkin bagi saya untuk melakukan tugas seorang Mozilla Reps dengan baik. Apalagi saya telah sangat lama vakum. Setelah sedikit berkonsultasi dengan mentor baru saya, akhirnya saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari program Mozilla Reps. Saya telah menyampaikan keputusan saya kepada Reps mentor saya tersebut, dalam waktu dekat saya akan resmi keluar dari Mozilla Reps.

Seperti yang telah saya ceritakan, alasan saya berhenti tidak ada kaitannya dengan perubahan apapun yang terjadi di Mozilla dan komunitasnya, baik di Indonesia maupun secara global. Saya masih mendukung arah tujuan Mozilla dan tetap percaya pada visi besar Mozilla juga pada pihak-pihak yang telah terlibat dalam menjalankan misinya.

Terima kasih atas semua dukungan yang teman-teman Komunitas Mozilla berikan pada saya selama saya menjadi Reps. Banyak yang tidak mungkin saya capai tanpa Mozilla dan komunitasnya. Saya mohon maaf sebesar-besarnya jika ada sesuatu yang telah saya lakukan, atau tidak lakukan, yang tidak berkenan di hati.

Akhir kata, saya tetap cinta Mozilla. Jika Allah menghendaki dan saya siap, suatu saat saya akan kembali berkontribusi pada proyek-proyek Mozilla, baik sebagai Reps lagi ataupun bukan. Once a Mozillian always a Mozillian.
Wassalam,
Risman